5 Kiat Sukses Berbisnis Online

Hari gini sekarang lagi jamannya berbisnis online. Saya sih sudah menjalankan bisnis online hampir 2 tahun. Sudah pernah merasakan ditolak sampai mendapat pujian dari customer. Tapi itu tidak menjadikan saya patah semangat. Bahkan sampai sekarang saya masih terus belajar untuk meningkatkan kepercayaan customer.

Bisnis Online

Nah, ada 5 tips yang bisa saya share, tips ini saya dapatkan di salah satu workshop yang telah saya ikuti beberapa bulan lalu. Wah daripada saya simpan sendiri, lebih baik saya share aja, siapa tau bisa berguna juga untuk orang lain.

Pertama

Berikanlah Gambar Produk yang Bagus dan Info Produk Secara Lengkap

Apabila kamu menjalankan bisnis online, terutama online shop, maka gambar produk serta informasi produk yang lengkap berperan penting mendorong calon pelangganmu untuk membeli produk yang dijual.

Jadi bukan cuma gambar aja yang di upload ke website, tapi berikan juga deskripsinya.

Tampilan Foto Produk - Aurabatik

Kedua

Cepatlah Dalam Memberi Respon Kepada Pelanggan

Ketika kamu terjun dalam bisnis online maka cepat respon adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan, karena apabila kamu tidak merespon pelanggan Anda dengan cepat, maka bukan tidak mungkin mereka akan beralih ke pesaing kamu yang lebih cepat merespon pelanggannya.

Ketiga

Maksimalkan Channel Marketing yang Ada

Dalam menjalankan bisnis apapun, marketing adalah salah satu kunci dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Sebaik apapun kualitas produk, jika tidak dipromosikan maka produk itu tidak akan dikenal dan apabila orang tidak kenal produk kamu, bagaimana orang akan membeli produk kamu? 🙂

Keempat

Jagalah Hubungan Anda Dengan Pelanggan

Salah satu cara utk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan membangun kedekatan dengan mereka. Perlakukan konsumen Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

Misalnya, jika sudah punya database pelanggan, ucapkanlah hari-hari besar keagamaan seperti Hari Natal, Lebaran, Ulang tahun, dan sebagainya.

Jangan lupa memberikan info pertama jika ada barang-barang terbaru, juga diskon terbaru. Dengan begitu, customer loyal kamu akan merasa lebih dihargai.

Kelima

Fokuslah Dalam Menjalankan Bisnis Anda

Jalankan bisnis kamu dengan fokus dan profesional serta jangan pernah memperlakukan bisnis kamu layaknya usaha sampingan. Sekecil apapun bisnis yang kamu miliki, apabila dijalankan dengan fokus dan professional, bukan tidak mungkin bisnis tersebut menjadi bisnis yang menghasilkan omset milyaran.

Jangan pernah berpikir, “Ah,..saya mah bisnisnya cuma UKM kok. Cuma kecil-kecilan aja” Believe me sahabat, jika kamu terus berpikiran seperti itu, otak kamu dan mindset kamu akan terblocked, bahwa omset saya sudah cukup segini aja.

Jadi kalau ada yang bertanya lagi mulai sekarang harus menjawab, bisnis saya fashion, atau bisnis saya kuliner yang insyallah akan menjadi besar 🙂 Amiiin.

Untuk point pertama sampai kelima alhamdulillah selama hamlir kurang lebih 2 tahun sudah saya jalankan. Untungnya lagi saya sudah berhasil mengubah pola pikir saya, yang tadinya saya mengecilkan usaha saya, sampai sekarang saya pede kalau ditanya orang 🙂

Ini cerita seputar perjalanan bisnisku. Kalau kamu bisnisnya apa? Sudahkah dijalankan kelima point diatas? Bagaimana hasilnya? Share ke aku ya. Supaya kita sama-sama belajar 🙂 Terima kasih.

3 thoughts on “5 Kiat Sukses Berbisnis Online

  1. setuju dengan lima kiat itu mbak, kebetulan saya termasuk sering belanja online (buku & pernak-pernik) 🙂

    tapi, saya paling senang sama yang ini: “Cepatlah Dalam Memberi Respon Kepada Pelanggan”
    sebab, biasanya saya mulai males mengunjungi situs online (apalagi beli – kapok) yang bersangkutan jika pelayannya lelet dan banyak alasan.

Leave a Reply

