Optimasi Fitur Website untuk Pemasaran Bisnis Online

Saat sedang istirahat malam, aku melirik timeline twitterku. Pas banget @tipsbizonline sedang membahas topik fitur web untuk mendongkrak pemasaran bisnis. Karena bisnisku berbasis online, jadi aku jadi sedikit tergelitik untuk membahasnya.

1.  Kehadiran internet di era DIGITAL menjadikan search engine sebagai Ensiklopedi tak terbatas yang dapat menjawab semua pertanyaan #FiturWeb

Betul. Sebagian besar sekarang jika orang ingin mencari sesuatu pasti larinya ke mbah google, and masukkan kata yang ingin dicari di kotak ‘search engine’. Lalu akan dihadapkan beberapa website pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya.

2.  Keberagaman sumber REFERENSI membuat sebuah situs harus BERSAING dengan situs lain yang juga memuat konten sejenis #FiturWeb

Inilah yang dinamakan top ten google. Jika website tersebut termasuk yang top site, page ranknya juga tinggi, sering di update setiap saat, pastilah dia masuk dalam list top ten google.

3. Dampaknya, setiap orang yang memiliki situs perlu MENYEBARLUASKAN alamat situs tersebut kepada sebanyak-banyaknya orang. #FiturWeb

Ini yang dinamakan fitur WOM atau Word of Mouth, MLM alias Mulut Lewat Mulut. Jika satu orang merasa puas akan pelayanan satu toko, dia akan memberikan testimoni positif kepada teman-temannya, kerabatnya, siapapun dengan sukarela. Karena dia merasa puas. Tapi, bagaimana dengan sebaliknya jika customer merasa tidak puas? Ya sama saja. Dia akan menyebarluaskan ketidakpuasannya dan tentu saja tidak akan merekomendasikan toko kita kepada teman-temannya.

4.  Sebuah situs memungkinkan SELLER untuk menampilkan FITUR-FITUR yang dapat menguntungkan bisnisnya #FiturWeb

5.  Forum adalah tempat di mana SELLER dan para buyer saling bertukar pikiran tentang sebuah topik dalam bisnis #FiturWeb

Biasanya ddi dalam sebuah web terdapat fitur FORUM yang memungkinkan di dalamnya membahas tentang produk atau toko yang bersangkutan. Paling sering yang saya temui yaitu di marketplace. Jadi semua orang bebas mengemukakan pendapatnya di ruang FORUM tersebut.

6. Seller dapat mengemukakan pendapatnya mengenai sebuah TOPIK terkait bidang bisnis yang dijalaninya #FiturWeb

7.  Forum adalah sarana yang EFEKTIF untuk menjalin engagement antara seller dan buyer, bahkan antara sesama buyer. #FiturWeb

Karena di dalam FORUM terjalin adanya komunikasi 2 arah.

8.  Media SOSIAL adalah media PEMASARAN terpopuler yang digunakan para pebisnis online. #FiturWeb

Biasanya media sosial yang paling sering digunakan yaitu twitter sebagai short post, dan fanpage.

9. Kepemilikan akun media sosial seperti Facebook dan Twitter gratis, sehingga banyak seller menggunakannya untuk berjualan #FiturWeb

Ya betul. Sayapun sekarang sedang memanfaatkan 2 aplikasi gratis tersebut untuk bisnis saya.

10. Nama akun media sosial BISNIS seller dapat dicantumkan dalam situs untuk mempermudah buyer MENEMUKAN seller lewat media sosial. #FiturWeb

Biasanya di media sosial dicantumkan contact person dari si seller selain membantu para buyer menemukan seller,juga bisa menambah rasa trust kepada buyer. Siapa sih owner yang di belakang bisnis ini?

11.  Situs untuk berBISNIS tidak hanya semata-mata bisa difungsikan untuk penjualan dan pemasaran. #FiturWeb

Jaman sekarang kalau website digunakan cuma untuk berjualan, nampaknya orang akan males ya. Misalnya aja kita berkunjung ke satu web, trus yang disodorinnya baju-baju jualan, yang ada kita mampir bentar trus langsung sign out deh 🙂

12. Seller bisa menyediakan fitur BLOGING sebagai tempat di mana seorang pakar bisnis atau buyer menulis artikel bisnis #FiturWeb

Jaman sekarang nampaknya kudu mengutamakan ‘apa yang bisa kita berikan atau manfaat kepada orang lain’. Selanjutnya pilihan jatuh kepada customer. Mau beli produk kita sekarang atau nanti? Bukannya lagi, beli atau tidak ya? 🙂

13. Fitur blogging memungkinkan SELLER dan para buyer saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. #FiturWeb

That’s rite. Blogging sebagian besar adalah ‘cerita’. Cerita mengenai produk dari bisnis kita. Dengan fitur blog atau sharing, akan meningkatkan level trust customer terhadap produk kita.

14. Segala jenis INFORMASI produk yang dijual seller dapat dimuat dalam situs #FiturWeb

Jadi dibedakan antara fungsi website dan blog.

15.Keterangan tentang varian PRODUK beserta harga dan penggunaannya DITAMPILKAN dalam situs #FiturWeb

16.Situs menjadi semacam KATALOG yang menyajikan semua informasi yang dibutuhkan buyer sebelum melakukan pembelian. #FiturWeb

17.Fitur lain yang dimiliki situs adalah ketersediaan TEMPAT untuk menyajikan segala jenis materi posting SEPERTI testimonial #FiturWeb

18.Seller bisa menceritakan KEUNGGULAN dan cara penggunaan produk yang dijualnya #FiturWeb

19.Foto dan video yang DITAMPILKAN dengan MENARIK dalam situs dapat lebih mempersuasi buyer untuk membeli. #FiturWeb

Bagus atau tidaknya satu tampilan foto bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk kita.

20.Melalui situs, SELLER bisa menawarkan ruang bagi para pelaku bisnis lainnya untuk beriklan. #FiturWeb

21.Pemasang iklan diperbolehkan untuk MENCAMTUMKAN banner atau logo perusahaannya di situs seller #FiturWeb

Misalnya saja kita barter dengan sesama online shop lainnya. Terjadi interaksi mutualisme antara keduanya.

22.Selain sumber pendapatan sampingan,fitur ruang BERIKLAN dalam situs juga mencerminkan dengan pihak seperti apa seller berbisnis #FiturWeb

23.Fitur TENTANG KAMI atau “About Us” bisa dikatakan sebagai fitur yang paling penting dalam sebuah situs. #FiturWeb

Pentingnya menyusun kata-kata dalam biodata atau about us ini akan mempengaruhi orang juga untuk pengambilan keputusan beli produk kita atau gak ya?

24.Dengan menceritakan informasi PERSONAL melalui fitur “About Us”, seller menciptakan keterikatan yang baik dengan buyer #FiturWeb

25.Buyer pun juga menjadi tahu dengan orang seperti apa ia akan bertransaksi. #FiturWeb

Jadi ciptakan personal branding melalui fitus About Us secara maksimal.

Akhirnya aku tahu sekarang bagaimana cara mengoptimasi fitur-fitur yang ada pada tools di website. Dari yang sekedar hanya untuk ‘berjualan’ lalu ternyata saya harus banyak ‘sharing’ tentang produk saya.

Semoga bermanfaat yaa…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s