Cara Pemasaran utk Produk Terbaru Kita

Cara Membuat Marketing Plan untuk Produk Baru

Pengusaha menggunakan rencana pemasaran untuk beberapa alasan: mencari tahu pasar, pelanggan dan pesaing mereka, menguraikan rencana untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, dan mengenali serta  memprediksi perubahan.

Faktor utama dari rencana pemasaran yang baik adalah untuk mengenali pelanggan, apa yang mereka suka dan tidak suka, dan apa yang mereka harapkan.

Hal ini juga membantu Anda mengetahui pesaing Anda, produk terkait, kekuatan dan kelemahan. Dengan menentukan faktor-faktor ini dapat membantu Anda memahami siapa pesaing Anda dan mengenali perubahan di pasar.

Mari kita coba petunjuk berikut ini :

• Ingat empat P dari pemasaran. Untuk mendapatkan tujuan Anda, rencana Anda harus memiliki metode standar product (produk), price (harga), place(tempat) dan promotion (promosi).

• Jelaskan target pasar Anda. Anda dapat melakukan hal ini dalam banyak cara meliputi : usia, jenis kelamin, karir, tingkat pendapatan atau di mana pelanggan tinggal. Jika Anda memiliki sedikit sumber daya, mempromosikan secara langsung untuk para pelanggan yg Anda pikir akan membeli produk Anda akan bermanfaat. Ketika Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda mungkin harus mengubah bagian dari rencana Anda.

• Kenali pesaing Anda. Lakukan ini melalui data riset pasar, permintaan produk, menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing – dan persamaan dan perbedaan – dan perbedaan dalam strategi harga antara Anda dan pesaing Anda.

• Tentukan produk Anda, dan cobalah menjelaskannya dari titik pandang pelanggan. Pengusaha sukses tahu atau memiliki beberapa ide tentang apa yang pelanggan mereka inginkan atau butuhkan dari mereka. Hal ini dapat menguntungkan dalam membuat loyalitas dan kepuasan pelanggan.

• Buatlah anggaran pemasaran untuk rencana Anda. hal ini termasuk uang yang dibutuhkan untuk iklan dan promosi, bahan dan daftar penggunaan media. Karena rencana pemasaran praktis membutuhkan uang, Anda harus mendapatkan dana dari anggaran operasional untuk biaya promosi.

• Buatlah suatu strategi harga. Metode yang Anda gunakan mungkin telah diciptakan oleh orang lain, Anda harus mempelajari rencana dan metode yg digunakan pesaing. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan lengkap tentang bagaimana harga produk Anda, apakah itu sejalan dengan pesaing dan bagaimana Anda dapat menentukan harga yg sesuai. Agar berhasil, Anda harus memiliki strategi yang terencana dgn baik, menetapkan kebijakan Anda, dan selalu memeriksa harga dan biaya operasi untuk menjamin keuntungan.

• Buatlah strategi promosi yang efisien. Anda dapat menggunakan koran, majalah, TV radio, kartu nama dan T-shirt. Pastikan strategi anda menggunakan outlet yang berbeda untuk mengiklankan dan terus menggunakan mana yang dapat berjalan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s