Mentoring Bisnis diperlukankah?

Semoga Tulisan kecil ini bisa bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan yang dalam proses belajar. bila ada kekurangan wajar dan itu adalah titik dimana kita harus melangkah ke sebauah arah  perbaikan.

Mentoring bisnis sering diupayakan oleh Pemerintah, Perusahaan, komunitas bisnis, program hibah, pendampingan usaha UKM dan pemulihan pasca bencana, sehingga posisi mentor bisnis menjadi strategis tapi juga berat di sisi mentor karena bila pesertanya gagal maka mentor lah yang pertama kali akan di nilai. Apakah capable sebagai mentor dan syarat pengalaman dalam Dunia Bisnis. Jadi Seorang mentor Bisnis bukan hanya seorang konsultan atau Trainer namun praktisi langsung dalam bidangnyayang telah berpengalaman.

Secara prinsip,..sebaiknya mentor bisnis lebih mengutamakan untuk kegiatan offline, karena dalam proses transfer knowledge butuh media praktek, media lapangan, media observasi produk dan unsur humanitas: baik sentuhan ke alat/tool, peragaan, ekspresi, komunikasi 3 arah, komunikasi 2 arah, diskusi 3 arah. Sehingga seorang mentor bisnis  harus peka dengan fenomena diatas.

Ada beberapa alasan kenapa kita membutuhkan mentoring bisnis dalam  bisnis kita, Tahukah Anda menurut data statistik bahwa 80% Bisnis yang dibangun gagal di tahun pertama, dan 20% yang lolos tahun pertama tadi setelah 5 tahun hanya tersisa 20% nya lagi.Salah satu penyebab terbesar kegagalan dalam bisnis adalah bisnis yang dibangun dibiarkan mengalir tanpa mempunyai arah yang jelas, dan kompetensi pemilik bisnis yang masih dibawah standar sehingga akan sulit bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.

Berbagai usaha sudah dilakukan dengan mengadakan pertemuan sesama pebisnis pemula, dengan cara sharing maupun networking. tetapi cara ini kurang memberikan leverage karena ibarat orang buta memandu orang buta, tidak akan tahu jalan yang lebih tepat.Inilah 6 alasan kenapa bisnis membutuhkan Mentoring Bisnis, yang lebih tinggi jam terbang serta pengalamanya:

  1. Meningkatkan Keterampilan, bertujuan untuk menyatukan dan memusatkan keterampilan individu menjadi satu kekuatan yang mampu mendukung sebuah bisnis itu sendiri. Ada peluang baru untuk mempelajari dan mempraktekan ketrampilan baru dalam bisnis kita.
  2. Meningkatkan Usaha, Memajukan secara nyata dengan memahami posisi dengan indikator jelas apakah yang sebenarnya terjadi dalam bisnis kita kemajuan atau kemunduran. Semua dengan indikator yang sangat jelas bukan hanya dari sisi penjualan saja, tapi dari aspek profit, persaingan kompetitor, strategi marketing dan penetrasi produk terhadap pasar.
  3. Menyusun Solusi dalam penanganan masalah, didukung dengan cara memantau penanganan masalah pada proses lapangan, solusi langsung dengan sebuah pembanding/praktek bukan teori dari buku.Dengan mentor bisnis ini maka proses ideal, proses yang ada, proses yang sebaiknya bisa saling ukur dari sudut pandang solusi perbaikan.
  4. Mengoptimalkan karyawan, pegawai, staf agar mampu menentukan beberapa perbaikan yang efektif dan jelas tujuanya, misal bidang promosi/marketing yang selama ini butuh sasaran yang tepat dan respon tinggi, karena ini merupakan ujung tombak kelangsungan bisnis yang kita jalani.”Sehebat Produk apapaun kalau tidak dikenal oleh customer percuma saja tidak akan mendatangkan omset dan profit.
  5. Brainstorming, mengusung pola pembangunan inovasi dan proses pemacu kreatifitas untuk eksitensi usaha, dalam hal ini butuh pendampingan untuk mengkompakkan personal secara internal, karena penolakan inovasi dari sisi dalam perusahaan berarti sinyal ketidakefektifan implementasi strategi perusahaan/bisnis untuk mencapai setting goal.
  6. Meningkatkan komitmen lini SDM adalah suatu energi, kadang pengusaha terjebak pada marketing luaran/eksternal sedang didalam Timnya aura marketing sedang negatif, sehingga dengan mentoring bisnis bisa dibimbing untuk praktek analisa dan manajerialnya. Kebutuhan sinergi eksternal dan internal. Namun internal harus difokuskan terlebih dahulu, demi tercapainya kompaknya tim kerja internal degan komitmen yang kuat.

Demikian tips kecil kenapa dunia usaha butuh mentoring bisnis, karena ada juga mentoring kerohaniaan untuk menuju kesempurnaan ibadah, ada mentoring Hukum bahkan seorang terdakwa pun butuh penasehat hukum. Mentor bisnis sebagai  bagian dari kemajuan bersama, dan sejatinya awalnya dahulu mentoring bisnis ini gratis/murah, namun semaraknya Dunia Usaha dan Profesinalitas Mentor Bisnis menjadi sebuah periuk yang menggiurkan. Beruntung anda sekalian bergabung di Komunitas TDA yang mengadakan mentoring bisnis secara gratis. Kolega saya yang telah berhasil dalam bisnis pernah saya tanya berapa investasi yang anda keluarkan untuk mentoring bisnis sehingga bisa maju seperti sekarang, beliau jawab angkanya diatas 3 digit. beliau tekankan pengorbanan yang setimpal dia dapatkan dengan kemajuan bisnisnya.

Source : http://www.1000ventures.com/business_guide/crosscuttings/entrepreneur_main.html

semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s