4 Virus Keberhasilan Pemasaran Media Social

4 Virus Keberhasilan Pemasaran Media Social

Hanya sedikit perusahaan yang mendapatkan posisi tepat ketika masuk ke dunia media sosial.

Burger King adalah salah satu contoh terbaik ketika berbicara tentang virus pemasaran media sosial ini.

Contoh kasus,

Bulan Januari 2009, Burger King di AS mengeluarkan aplikasi “Whooper Sacrifice” di situs facebook, yaitu sebuah program “Mengorbankan” 10 dari teman2 Anda dan mendapatkan kupon gratis Whooper. Bila Anda mengorbankan teman, sebuah pemberitahuan akan dikirim ke dinding facebook (wall) Anda dan dikirim ke teman ANda, yang menyebabkan menjadi “virus”.

Hasil kampanye “virus” tersebut menyebabkan facebook  harus menutup aplikasi sebelum lebih banyak orang mulai mendelet teman2nya.

nah, ada 4 hal virus untuk pemasaran media sosial, yaitu :

1. Virus Pemasaran : Mengejek Lawan

Contoh kasus,

situs Burger King, dibuka dengan ejekan judul “Make it ven better”, yang merupakan salinan terang-terangan dari yang dimiliki McDonalds, yaitu “Make it Better”. Kemudian mengeluarkan ejekan lain dengan kata-kata “Flame Grill, Not Fake Grill” dan “Never Chicken Out”. Semua orang suka ketika pihak yang tidak diperhitungkan memberikan kritik seperti halnya psikologi partai yang digunakan dalam pemilihan untuk mendapatkan suara!

2. Virus Pemasaran : Jadilah kontroversial atau menggelitik atau keduanya

Burger King menggunakan tampilan ayam yang sedang marah sebagai maskot. Ayam itu juga menjadi tokoh utama dalam sebuah video menggelitik yang ada di Youtube, yang menunjukkan perlawanan pada “ayam” lainnya (yang mungkin adalah lawannya). Ditambah lagi kata-kata “Flame Grilled” dan “Fake Grill” yang menampilkan bagaimana ayam panggang Burger King menggunakan api yang nyata

Link ke youtubenya : http://youtube.com/watch?v=GPnrCseUC60

3. Virus Pemasaran : memanfaatkan media sosial dan group

disini memanfaatkan iklan facebook yang mengarahkan pengunjung bisa masuk ke halaman group dimana pengunjung bisa download dan mencetak kupon yang nantinya ditebus.

4. Virus Pemasaran : buat penawaran terbatas

Buat irresetible offering : yaitu penawaran yang tidak dapat ditolak dengan mencantumkan batas penawaran. seperti maksimal tanggal 10 Juni 2011, dsb

Mudah2an paham ya sampai sini 🙂

Source : Willy Lim pakar Social Media Marketing

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s